Perkenalkan saya dulu ya..^^

Assalamualaikum warrahmatullahi wa barakatuh,

Pengunjung yang saya hormati,

Perkenalkan, nama saya Prihadi Setyo Darmanto, yang kata ayah saya nama tersebut merupakan harapan beliau agar saya menjadi orang yang “ supaya baik = ‘prih-adi’ dan setia = ‘setyo’ pada darmanya atau perbuatan baiknya = ‘darmanto’.

Profesi saya saat ini rangkap, yaitu sebagai dosen di suatu perguruan tinggi BHMN teknik di bandung, program studi teknik mesin – persisnya konversi energi – , dan juga sebagai “wirausaha” di bidang jasa konsultasi, penelitian, dan pelatihan khususnya di bidang persemenan atau industri lainnya yang tentunya berurusan dengan konversi energi seperti industri listrik, industri pengolahan hasil tambang, industri Tata Udara Gedung dan lain-lain. Selain itu saat ini masih juga punya tugas satu yaitu membantu Gubernur DKI dalam proses memberikan ijin mendirikan bangunan (IMB) melalui Tim Penasihat Instalasi Bangunan – khususnya bidang Instalasi Tata Udara Gedung – yang harus diperiksa terlebih dahulu agar memperoleh ijin mendirikan bangunan di wilayah DKI terutama bila bangunan tersebut memiliki 8 lantai atau lebih. Tugas saya di sana adalah memeriksa instalasi tata udara gedung khususnya kelayakan teknis dan keamanan bila dioperasikan nantinya.

Profesi rangkap di atas bukan berarti tanpa saya sengaja, namun memang saya niatkan. Alasan utamanya adalah agar dalam profesi dosen saya tertunjang oleh pengalaman teknik di lapangan sehingga mahasiswa yang menerima ilmu dari ALLAH swt melalui belajar dengan saya memperoleh cerita praktis sehingga saya tidak mengajarkan “sastra mesin” tetapi “teknik mesin”. Alasan tambahannya adalah untuk mencari rezeki dari ALLAH swt melalui wirausaha jasa tersebut, selain tentunya beribadah atau mendarmakan ilmu yang saya miliki untuk memenuhi harapan ayah saya juga seperti yang saya ceritakan di awal kisah ini.

Di luar alasan yang barangkali terlalu klise di atas, ada lagi alasan yang bersifat hasil renungan saya dalam menjalani hidup ini..Awalnya karena hobi saya meneliti juga, sepulang saya dari tugas belajar di suatu negara Eropa, saya ingin meneruskan hobi meneliti dengan cara membuat banyak sekali proposal penelitian agar dapat pendanaan baik dari pemerintah maupun swasta. Hasilnya hampir 8 tahun berturut-turut saya memperoleh dana hibah dari berbagai pihak untuk melakukan penelitian. Bahkan beberapa hasil penelitian kami (saya dan mantan mahasiswa-mahasiswa saya) memperoleh penghargaan bergengsi seperti finalis peneliti muda Indonesia, peneliti terbaik dana hibah bersaing DIKTI, peneliti utama Riset Unggulan Terpadu terbaik bidang Rekayasa yang diberikan oleh Menristek dan disampaikan oleh Presiden RI saat peringatan hari kebangkitan teknologi nasional tahun 2003. Namun setelah merenung cukup panjang dalam masa-masa sedang melakukan penelitian tersebut, rasanya sulit sekali kami menjual hasil penelitian tersebut ke masyarakat industri kalau kami hanya berada di perguruan tinggi tanpa berinteraksi intensif dengan industri. Akhirnya bulatlah niat saya untuk mulai berinteraksi secara lebih intensif dengan industri di Indonesia, khususnya industri yang intensif memakai energi. Kebetulan setelah saya presentasikan salah satu hasil penelitian kami di depan masyarakat industri semen (ini mungkin presentasi yang sudah ke sekian puluh kali), beberapa direksi pabrik semen saat itu menangkap ide kami yang ingin membantu industri dalam meningkatkan efisiensi pemakaian energi di industri sehingga dapat mengurangi biaya produksi atau meningkatkan jumlah produksi agar laba perusahaan meningkat. Mereka mengajak agar sebagian waktu saya diluangkan untuk mengembangkan penelitian di bidang persemenan. Tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan kemampuan bangsa Indonesia di bidang persemenan serta mengurangi ketergantungan teknik dan SDM dari asing. Hal ini dulu berlaku saat seluruh pabrik semen masih dimiliki oleh negara, dan menjadi suatu yang bertentangan saat kondisi sekarang dimana hampir 70% kepemilikan pabrik semen di Indonesia adalah asing atau swasta. Cerita mengenai sukaduka saya mengikuti cita-cita para direksi pabrik semen dua dekade lalu dan menghadapi perubahan jaman akan saya ceritakan, insyaALLAH, pada posting yang lain.

Saat itu bagi saya ajakan ini barangkali merupakan pintu berinteraksi dengan industri secara lebih intensif walaupun dimulai dengan industri semen. Akhirnya ajakan saya terima dan masih saya geluti hingga saat ini. Benar juga ternyata pilihan saya saat itu untuk menyanggupi ajakan mereka, meskipun dengan berjalannya waktu yang tak terasa sudah lebih dari satu dekade banyak pula sukadukanya menyebarluaskan ide anak bangsa untuk bangsa ini.

Banyak hal tentang kehidupan yang menarik hati saya seperti pendidikan, kemajuan bangsa, industri, selain teknik mesin sendiri. Kehidupan berkeluarga, khususnya dalam mendidik anak-anak, juga sangat menarik perhatian saya karena banyak pula hal-hal di sana yang saya cermati dan barangkali dapat saya share ke para pengunjung, tentunya di lain kesempatan, karena pendidikan anak agar mereka memiliki bekal cukup dalam mengarungi kehidupan bagi saya merupakan hal yang sangat menarik.

Setelah umur saya lebih dari setengah abad, rasanya cukup banyak hal-hal yang bisa saya share ke pengunjung, khususnya pengalaman saya sebagai pengajar dan konsultan teknik, selain masih besarnya keinginan saya memperoleh ilmu dari banyak sumber, tak terkecuali dari para pengunjung, baik dalam bidang teknik mesin, energi, kehidupan konsultan teknik, dan kehidupan sosial lainnya seperti agama (islam tentunya) dan pendidikan. Itulah sekelumit tentang saya dan alasan saya mengapa tulisan ini dibuat. Semoga bermanfaat bagi kita semua seperti motto dari blog ini yaitu keinginan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wa barakatuh.

Responses

  1. Pak, blog nya kok ga diterusin lagi?
    hehheheh….

    Vicky,
    Iya eh, lagi banyak laporan kejar tayang, maklum akhir tahun. InsyaALLAH awal tahun diterusin he-he-he. Trims ya.

  2. Wah, Ada Pakde
    Diteruskan dong pakde, blognya, sudah awal tahun nih…

    Iwan,
    Tks ya kunjungannya, nanti pak dhe terusin jika nganggur aja, karena memang blog ini hanya untuk selingan di kala suntuk. jadi walaupun sudah awal tahun kalo masih banyak laporan yang harus diselesaikan ya terpaksa belum bisa diterusin, he-he-he. salam.

  3. Pak Pri, mohon ijin tulisannya soal AC saya kutip sedikit ya? Untuk artikel tentang AC di Koran Tempo Sabtu (14/3) di gepok iTempo. Tentu dengan menyebutkan sumber aslinya: nama dan profesi Pak Pri.
    Terimakasih.

    Mas Nadi,
    Salam kenal ya, terima kasih kunjungannya, dan silakan justru saya ingin tip praktis begini bisa diketahui masyarakat . Wass wr wb, salam.
    PSD

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pak Pri, mohon ijin tulisannya soal AC saya kutip sedikit ya? Untuk artikel tentang AC di Koran Tempo Sabtu (14/3) di gepok iTempo. Tentu dengan menyebutkan sumber aslinya: nama dan profesi Pak Pri.
    Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  5. Perkenalkan, pak..saya Pebri MS’04..

    Mahasiswa Termodinamika kelas Bapak beberapa taun yang lalu,,hehe..

    Boleh saya link ya, Pak alamat blognya..

    Pebri,
    Tentu saja boleh, memang blog ini saya tujuakan untuk membantu mahasiswa dan masyarakat untuk hal-hal yang bersifat mekanikal praktis. Terima kasih, salam.

  6. Assalamualaikum Pak Pri…

    Makasih Pak blognya, menambah ilmu baru, saya suka yang soal islam Pak, tambah terus ya Pak materinya…^_^

    oh iya Pak..mohon bimbingan dan bantuannya ya dalam menyelesaikan tugas akhir saya…sudah mulai mentok tembok ni,hehe….

    makasih Pak Pri…

    Bagus,
    Tks mau baca, saya akan coba tulis kalau sela ya tentang agama. Ok selamat menyelesaikan TA, tetap semangat.

  7. Salam..

    Sy baru baca blognya.. luar biasa ilmunya.. Thks Bpk, sdh mau berbagi..

  8. thanks ya ilmunya pak,sangat bermanfaat bt q

  9. Assalamualaikum Pak,
    Saya husnu, ms2000, dulu sempat ambil berbagai kelas Bapak, karena lucu, hehe.
    Ketemu blog Bapak secara tdk sengaja pas search ttg toren air (mau masang di rumah).
    Terimakasih Pak.🙂

  10. Pak Pri saya arif ms’00.. skrg sedang studi di negara t4 bpk dulu menimba ilmu. Baru nemu blog-nya bpk.. tulisan2 bpk mmg top markotop.. ditunggu ilmu2 selanjutnya Pak..

  11. menarik sekali, saya bangga dapat berkunjung ke blog bapak, dengan visi bapak. tks

    Mas Yuhals, terima kasih kunjungannya, salam, psd.

  12. salam kenal,
    “saya ada masalah dengan system tekanan/preasure ditiap kran air”
    rumahnya 4 lantai dan tanki saya letakan dilantai 4,jadi tiap kran & shower yg berada dilantai 1-3 tidak ada preasure.
    sementara supply dari PDAM ke tangki langsung tidak menggunakan mesin.
    mohon solusinya pak.
    terimakasih sebelumnya.

  13. Salam kenal Mas Pri

    Mohon pencerahan untuk pompa shimizu PS135E di rumah, saya menggunakan pompa ini untuk mengisi tandon air 1100 Liter di lantai 3, air disedot langsung dari sumur yang kedalamannya sekitar 8.5 meter.

    Dalam tandon air, saya pasang pelampung plastik ONDA, dari yang saya baca, sistem ini berarti sistem level control ya mas ??

    Yang jadi masalah, jika tandon penuh dan pelampung menutup, pompa akan mati, tapi berselang sekitar 5 detik akan start sekitar 3 detik, kemudian stop lagi, seperti itu seterusnya.

    Saya bingung kenapa seperti ini ya?? Dan ada kepikiran untuk coba memutar baut bertanda plus & minus disisi pompa, tapi belum saya lakukan. Apakah pengaruhnya jika baut tersebut saya putar putar ya ??

    Mohon solusi yang baik untuk kasus pompa di rumah saya.
    Demikianlah terima kasih atas pencerahannya ya mas.

  14. salam kenal,pak..
    saya ingin menanyakan tentang cara kerja alat AHU (Accelerated Humidifer Unit)..
    terimakasih pak..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: