Posted by: prihadisetyo | August 16, 2009

PUASA DATANG LAGI, ALHAMDULILLAH

Puji syukur yang tak terhingga kita panjatkan kehadiratNYA yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita hingga saat ini. Rahmat kesehatan yang tak ternilai harganya dan insyaALLAH rahmat dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan penuh mahgfirah, bulan istimewa, bulan suci, bulan yang memiliki suatu malam dimana nilai ibadah kita akan ekivalen dengan 1000 bulan, bulan penuh ampunan, bulan dimana syetan dibelenggu, bulan dimana pintu surga dibuka seluas-luasnya, bulan dimana pitu neraka ditutup serapat-rapatnya, bulan dimana ALLAH swt menambah hiasan rumah hambanya yang berpuasa dan diterima amal ibadahnya, dan bulan-bulan yang masih banyak lagi sebutannya untuk bulan yang istimewa ini. Salah satu yang sebaiknya dilakukan dalam menyambut bulan ramadhan ini adalah mensucikan diri, baik lahir maupun batin. Oleh sebab itu saya pada kesempatan ini ingin memohon maaf kepada seluruh pembaca blog ini atas segala kesalahan saya, baik tersengaja maupun tidak, berupa tutur tulis ataupun tingkah laku. Selain itu saya juga ingin menyatakan bahwa saya sudah dengan hati yang ikhlas memaafkan seluruh kenalan saya baik dalam kehidupan sehari-hari, anggota mail-list dimana saya ikuti, para pembaca blog ini serta handai taulan semuanya, saudara-saudaraku sesama muslim. Dengan hati yang bersih ini kita berharap semoga amalan kita selanjutnya, terutama nanti di saat telah memasuki bulan Ramadhan akan memperoleh pahala dan dapat kita pakai sebagai bekal untuk menghadapNYA nanti. Tentu saja niat berpuasa di bulan Ramadhan hanya semata-mata untuk ALLAH swt merupakan syarat yang utama bagi kita dalam memasuki bulan Ramadan yang akan datang beberapa hari lagi.

ramadhan     Apa yang sebaiknya kita lakukan selama bulan ramadhan nanti? Ustadj di pengajian kami mengatakan bahwa ada lima hal yang sebaiknya dilakukan selama bulan ramadhan antara lain:

  1. Menyatakan niat dalam hati berpuasa semata-mata hanya untuk ALLAH swt disertai makan sahur dan mendahulukan berbuka sesuai dengan petunjuk Nabi kita Rasulullah saw. Banyak manfaat bagi tubuh kita dari makan sahur serta berbuka yang didahului dengan yang manis-manis.
  2. Lebih banyak melakukan shalat sunnah karena di bulan Ramadhan ini shalat sunnah akan dihargai sama dengan shalat wajib, dan shalat wajib akan dihargai dua kali dibanding bulan-bulan lain, serta banyak menjalankan segala amalan sunnah seperti itikaf di masjid.
  3. Dianjurkan banyak membaca Al Quran, karena setiap huruf yang kita baca akan bernilai pahala. Menamatkan membacanya di bulan Ramadhan akan lebih baik lagi.
  4. Banyaklah berdzikir, setiap saat, sambil melakukan perjalanan misalnya atau sambil duduk setelah lelah beraktifitas dan lain sebagainya.
  5. Yang terakhir dianjurkan untuk banyak bersadaqah, kepada siapapun, saudara, masyarakat dan lain sebagainya sebagai tanda kasih sayang kita kepada sesama yang merupakan perwujudan tindakan yang sangat dianjurkan sebagai muslim.

Baiklah, saya kira cukup dulu sebagai pengantar menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang sangat kita nantikan. Semoga amalan kita diterimaNYA dan dapat menjadi bekal kita menghadapnya nanti. Selamat menunaikan ibadah shaum, mohon maaf lahir dan batin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: