Posted by: prihadisetyo | June 12, 2009

BERDOA MEMINTA MASUK SURGA, BOLEHKAH?

Setiap selesai sholat biasanya kita berdoa, yang diantaranya adalah memohon termasuk orang-orang penghuni surga. Mengapa begitu? Karena memang tujuan akhir kita adalah dan memang seharusnya ke sana. Pertanyaannya bolehkah? Ternyata setelah mencari info ke sana ke mari, tak sengaja ada sharing dari kawan yang mengatakan bahwa boleh dan bahkan dianjurkan oleh Rasulullah saw. Untuk lebih afdholnya, inilah kutipan hadisnya:

“Jika kamu minta kepada Allah, maka mintallah surga Firdaus, karena sesusungguhnya surga Firdaus itu berada di tengah-tengahnya surga dan merupaka surga yang tertinggi” (HR. Bukahari)

Dalam Shoheh Ibnu Hibban ada tambahannya Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هُريرة ، عن رسولِ اللَّه قال : «إنَّ في الجَنَّةِ مِئَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّها اللَّهُ لِلمُجَاهِدِينَ في سَبِيلِه، بَيْنَ الدرجتينِ كما بَيْنَ السَّماءِ والأرْضِ، فإذا سَأَلْتُمُ اللَّهَ، فاسألوهُ الفِرْدَوْسَ ، فهوَ أَوْسَطُ الجنةِ، وهو أعلى الجَنَّة، وفوقَه العرشُ، ومنهُ تُفَجَّرُ أنهارُ الجَنَّةِ».

“Jika kamu minta kepada Allah, maka mintallah surga Firdaus, karena sesusungguhnya surga Firdaus itu berada di tengah-tengahnya surga dan surga Firdaus itu merupakan surga yang tertinggi, dan diatasnya adalah ‘Arasy, dan darinya mengalir sungai-sungai surga” (HR. Shoheh Ibnu Hibban)

Setelah boleh, pertanyaan berikutnya dalah apakah hal itu berarti dapat mengubah ketentuan atau takdir Allah swt karena hanya DIA yang berkuasa atas makhlukNYA. Ada keterangan bahwa saat kita berada di kandungan ibu kita masing-masing, pada umur sekitar 120 hari saat itulah ditiupkan ruh sekalian ditentukan takdir kita, diantaranya yaitu lahir, rezeki dan mati kita. Ternyata memang ada keterangan hadis yang mengatakan bahwa takdir dapat diubah olehNYA berdasarkan doa kita. Jadi dengan demikian masih selalu ada peluang untuk mengubah takdir kita melalui doa. Oleh sebab itu marilah kita selalu berdoa dimurahkan rezeki dan nanti dimasukkan ke surgaNYA. Amiin.

Namun dikabulkankah doa kita? Nah itu tergantung banyak hal. Bisa ya bisa tidak. Pada umumnya banyak keterangan menyebutkan bahwa dikabulkannya doa kita juga tergantung amal kita. Oleh karena itu marilah kita beramal atau berperilaku yang baik sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw agar doa kita dikabulkan, logiskan. Salah satu hal yang baik dilakukan adalah mudah menolong, walaupun barangkali sangat sulit di kala tertentu, meskipun perintahnya adalah berinfaklah di kala lapang dan di kala sempit.

OK, mari kita renungkan, kalau ternyata baik untuk diri kita, kita biasakan mengamalkannya, insyaALLAH doa kita akan dikabulkan, selamat merenung dan mengamalkan. Amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: