Posted by: prihadisetyo | June 21, 2008

PENYEBAB QALBU MENJADI RUSAK

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pada kesempatan kali ini marilah kita ingat kembali hal-hal yang dapat mengakibatkan qalbu kita rusak.

Ada suatu hadis yang mengatakan bahwa “ Sesungguhnya di dalam tubuh kita ada segumpal daging yang kalau baik keadaannya maka baik pulalah seluruh tubuh kita dan apabila buruk keadaannya maka buruk pulalah tubuh kita. Segumpal daging tersebut adalah qalbu” atau hati.

 

 Fungsi dari hati dalam tubuh kita (dari sisi faal) adalah untuk menyaring seluruh racun yang ada di dalam darah agar tidak mengganggu fungsi faal lainnya. Jadi kalau hati atau lever kita baik, maka seluruh tubuh kita akan sehat.

 

 Fungsi dari qalbu adalah untuk menyaring segala racun agar tidak mengganggu aqidah, tauhid, iman dan akhlak kita. Dengan demikian secara analogi kalau qalbu kita baik maka aqidah, tauhid, iman dan akhlak kita niscaya akan baik. Sebaliknya bila qalbu kita rusak maka aqidah, tauhid, iman dan akhlak kita akan rusak pula. Qalbu adalah cahaya Allah agar selalu dijaga agar tetap menyala sehingga jiwa kita akan selalu terang dalam melihat serta membedakan mana yang baik dan mana yang jelek dan mana yang halal dan mana yang haram. Cara menjaga agar qalbu kita tetap menyala adalah mengusahakan agar qalbu kita selalu tersambung dengan aliran hidayah sehingga setiap saat kita selalu memperoleh hidayah untuk selalu dapat membedakan halal haram dan baik buruk dan kita selalu berpihak pada yang baik dan halal serta meninggalkan yang buruk dan haram.

 

Ada 8 (delapan) perkara yang dapat menyebabkan qalbu kita rusak, sehingga perlu dijauhi, antara lain:

1.      Mengenal hak-hak Allah swt tetapi tidak pernah berusaha untuk menjalankan. Hak Allah sama denga kewajiban dari makhluk ciptaannya.

2.      Cinta rasul tapi tidak pernah menjadi pengikutnya. Kalau kita menganggap rasulullah saw merupakan idola kita maka hendaknya kita menurutinya, mencontohnya. Salah satu kebiasaan yang harus kita lakukan sebaiknya adalah sering bersalawat (membaca salawat), ini merupakan tanda cinta kita pada rasulullah saw. Allah dan Malaikat saja bersalawat, kalau kita tidak kan jadi aneh.

3.      Membaca Al Quran tapi tidak mengamalkannya. Al Furqan ayat 30.

4.     Takut mati tetapi tidak pernah bersiap menghadapinya, misalnya malas shalat, malas beramal baik dan lain-lain merupakan tanda kalau kita tidak menyiapkan kematian kita dengan baik. Padahal kematian bias dating kapan saja.

5.      Berharap surga tetapi sellalu melupakannya. Karena kita menganggap bertemu dengan Allah di surga merupakan hal yang tidak penting, maka kita melupakan surga. Padahal kita semua tahu bahwa untuk mencapai surga itu berat dan sulit, artinya jalan menuju ke surga itu dihiasi dengan berbagai kesulitan.

6.      Sebaliknya, kita takut neraka tetapi selalu berjalan ke arahnya. Ada hadits yang mengatakan bahwa jalan menuju neraka itu dihiasi dengan kenikmatan dan kemudahan. Misalnya tidak shalat merupakan hal yang mudah dan kalau kita lakukan terus menerus berarti kita berjalan menuju neraka.

7.      Ingin dekat kepada Allah tapi malah berteman dengan setan, misalnya berteman dengan orang-orang yang salah merupakan salah satu tanda kalau kita berteman dengan setan. Padahal kita semua tahu bahwa di Surah 4 (An Nisa) ayat 38 Allah berfirman bahwa setan adalah seburuk-buruknya teman.

8.      Memberikan perhatian kepada hal-hal yang bersifat kesenangan atau yang tidak penting, padahal kita semua juga tahu bahwa kesenangan itu akan kita tinggalkan dan yang menemani kta di alam kubur hanyalah ibadah kita yang sesuai dengan tuntunan agama.

 

Demikian uraian singkat mengenai 8 hal yang dapat menyebabkan qalbu kita rusak sehingga harus diusahakan untuk dihindari.  Semoga uraian tersebut dapat mengingatkan kembali pada kita agar dapat selalu menuju sasaran kita  semua yaitu masuk ke surga untuk bertemu dengan Allah swt.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: