Posted by: prihadisetyo | May 10, 2008

HOBBY YANG BERMANFAAT I

Assalamualaikum wr wb,

Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang dirahmati oleh Allah, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt atas segala nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua yang tak terhitung jumlahnya dan salah satunya pada pagi ini yang telah membawa hati dan badan kita untuk datang ke masjid ini dalam rangka menjalankan ibadah shalat subuh berjamaah.

Pada pagi ini saya ingin mengingatkan kembali beberapa hal yang sebenarnya sudah kita mengerti dan bahkan kita jalani dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun saya percaya bahwa beberapa hal ini perlu selalu kita ingat atau diingatkan oleh sesama kita karena di sekitar kita juga selalu ada godaan yang ingin membawa kita untuk melakukan hal-hal yang kurang sesuai dengan ajaran kita.

Ibu bapak sekalian tentu diantara kita selalu memiliki hal-hal yang senang kita lakukan (biasanya kita sebut saja dengan hobby). Hobby ini bermacam-macam dan berbeda-beda pula antara seorang dengan lainnya. Namun di dalam Islam ada petunjuk-petunjuk yang bermanfaat dalam melakukan hal-hal yang kita senangi tersebut. Seorang penyusun buku Akhlak (Mohammad Al faid) menganjurkan dua hal penting yaitu :

–    Sebaiknya kita tidak melakukan hal-hal yang tidak banyak manfaatnya, walaupun boleh dikatakan hal-hal tersebut sudah menjadi hobby kita. Misalkan memancing tetapi bukan merupakan mata pencaharian. Artinya hanya sekedar hobby yang dilakukan untuk mengisi waktu namun saking asyiknya sampai melupakan hal-hal yang wajib misalnya menjadi lupa sholat, lupa istri dan lain-lain. Bahkan ada yang memancing ikan yang sengaja ditangkap terlebih dahulu untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu kolamn untuk kemudian dipancing lagi. Hal seperti ini sebaiknya jangan dijadikan hobby, karena manfaatnya tidak banyak. Contoh lain yang sebaiknya tidak kita jadikan hobby adalah main catur sehingga melupakan kewajiban-kewajiban kita yang lain. Tentunya masih banyak lagi hal-hal yang sebaiknya kita tidak lakukan atau bahkan jadikan sebagai hobby.

–   Adapun hal-hal yang dianjurkan dan sebaiknya kita lakukan dan menjadi kesenangan atau hobby kita karena mendatangkan manfaat bagi kita ada 10 hal. Namun pada pagi ini kita bahas beberapa hal terlebih dahulu dan nanti kalau ada waktu lain kita teruskan pembahasan kita. Anjuran yang sebaiknya kita jadikan hobby atau kesenangan tadi antara lain:

–   Mencari ilmu (talabul ilmi). Mencari ilmu dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa memandang umur kita. Seperti yang kita lakukan saat ini misalnya, bertukar fikiran antara satu dan lainnya ini merupakan salah satu cara mencari ilmu. Datang ke pengajian, mendengarkan ceramah tentang agama. Kesehatan, kehidupan, dan lain-lain merupakan contoh lain dari mencari ilmu ini.Ilmu banyak sekali manfaatnya bagi kita antara lain:

–  ilmu menjaga diri dari kebodohan, seperti yang ditunjukkan melalui firman Allah surat 5 ayat 105 yang terjemahan artinya kira-kira demikian:

–  “ Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu, tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kepada Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”

–    Orang berilmu tidak akan mudah dibodohin

–    Ilmu adalah imamnya perbuatan, karena ilmu jualah yang mensyahkan amal

–    Allah ditaati karena ilmu yang dimilikiNYA yang tidak terbatas. Barangsiapa ingin dunia harus memiliki ilmu atau dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan akheratpun juga harus dengan ilmu. Ali bin Abithalib mengatakan bahwa ilmu lebih utama daripada harta. Beberapa hal yang menunjukkan bahwa ilmu lebih utama dari harta antara lain ilmu merupakan pusaka nabi sedangkan harta adalah pusaka Qarun, ilmu menjaga kita sedangjan harta harus kita jaga, ilmu memberi syafaat dan harta malahan bisa menghisap kalau kita salah membelanjakannya, ilmu membuat mata kita bercahaya sedangkan harta membuat mata kita gelap, dengan ilmu kita merasa menjadi hamba sedangkan harta kadang dapat membuat kita merasa menjadi Tuhan. Pentingnya mencari ilmu bahkan diibaratkan seandainya ada saudara kita sesama muslim meninggal dan sudah ada yang mengurus jenazahnya kita lebih dianjurkan menghadiri majelis ilmu. Oleh karena itu marilah mencari ilmu ini kita jadikan kesenangan kita sebagai muslim dan muslimah yang baik.

 

–    Anjuran kedua yaitu Dzikrullah atau mengingat Allah. Jadikan dzikir menjadi bagian dari kesenangan kita. Rasullullah berdzikir sepanjang hayatnya. Setiap aktivitas kita sebaiknya kita selalu mengingat Allah, karena bagi orang yang beriman hatinya akan menjadi tentram karena mengingat ALLAH. Secara rinci dzikir dibedakan menjadi dua yaitu dzikir umum dan dzikir khusus. Dzikir umum adalah segala aktivitas mengingat ALLAH seperti shalat, shaum, zakat dan haji dan lain-lain. Sedangkan dzikir khusus adalah melafalkan kalimat pujian bagi ALLAH seperti berdoa dan lafal-lafal dzikir yang sering kita ucapkan seperti subhanallaf, alhamdulillah dan lain-lain. Karena dzikir ini merupakan bagian dari ibadah, tentunya ada aturan-aturannya antara lain:

–    Khusuk, yaitu nyambung antara ucapan dengan hati kita

–    Penuh dengan kesopanan karena menyebut asma ALLAH

–    Tidak mengganggu orang lain, oleh sebab itu jangan keras-keras

–    Hendaknya dihayati maknanya

–   Membaca kalimat-kalimat yang dicontohkan oleh nabi sallallahu alaihis wasalaam. Membaca al quran merupakan salah satu dzikir yang utama.

Saat yang penting untuk berdzikir adalah pagi dan petang seperti anjuran firman ALLAH surat 76 ayat 25 yang maknanya adalah “ dan sebutlah nama tuhanmu di waktu pagi dan petang”.

 

–    Anjuran yang ketiga adalah berkumpul dengan orang-orang yang shaleh. Salah memilih teman kita dalam keseharian dapat membahayakan kita sendiri, sesuai dengan firman ALLAH surat 25 ayat 27 dan 28 yang artinya kira-kira demikian: “ Dan ingatlah hari ketika itu orang yang dzalim menggiggit jari (artinya menyesali perbuatannya) seraya berkata aduhai kiranya dulu aku aku mengambil jalan bersama-sama Rasul ; Kecelakaan besarlah bagiku, kiranya aku dulu tidak menjadikan si fulan (maksudnya setan atau orang yang telah menyesatkan dunia) itu teman akrabku”. Jadi memilih teman yang soleh juga kalau bisa kita jadikan bagian dari kesenangan kita. Bagaimana tanda-tanda orang yang shaleh ini, barangkali seperti yang diberikan dalam surat 18 Al Kahfi ayat 28 yang artinya adalah” Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNYA; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang-orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati kami serta menuruti hawa nafsunyadan adalah keadaannya itu melewati batas.”. Jadi ciri dari orang shaleh antara lain yang selalu ingat dan menyeru Tuhannya di waktu pagi dan senja hari, tidak mengharapkan perhiasan dunia dan hatinya tidah pernah lalai mengingat Tuhan.

 

Masih ada 7 lagi hal-hal yang dianjurkan untuk kita senangi dalam kehidupan kita sehari-hari karena akan banyak sekali manfaatnya bagi kita semua dalam rangka menyiapkan diri kita untuk menghadapNYA nanti. Kita akan lanjutkan diskusi ini pada “Hobby yang bermanfaat jilid II”, namun sekurang-kurangnya pada pagi hari ini kita telah melakukan anjuran yang pertama yaitu mencari ilmu agar kita lebih mantab dalam menjalani hidup ini dalam rangka menyiapkan bekal kelak saat kita dipanggil oleh ALLAH swt. Semoga uraian singkat ini bermanfaat dan billahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.


Responses

  1. terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Berdzikir Membuat Hati Tetram, Benarkah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/berdzikir-membuat-hati-tentram-benarkah.html

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  2. Terima kasih sudah berkunjung, pasti saya akan berkunjung ke blog pak faisol, selamat berpuasa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: