Posted by: prihadisetyo | June 15, 2009

TANGKI TEKAN SEBAGAI PENGGANTI TANGKI GRAVITASI (ELEVATED TANK)

Kalau kita perhatikan sistem distribusi air bersih di rumah-rumah di sekitar tempat kita, kebanyakan memakai tangki gravitasi (elevated tank). Memang banyak keuntungannya, antara lain konstruksinya sederhana dan murah. Namun sebenarnya juga memiliki kekurangan antara lain kalau tidak diberi akses yang baik, mengurasnya susah dan kadang airnya suka tumpah bila sistem kontrolnya tidak baik. Disamping itu untuk kepuasan mandi, kalau memakai shower misalnya, dibutuhkan ketinggian tangki yang memadai sehingga bisa berakibat mahal biaya konstruksinya dan semakin susah memeliharanya. Pada suatu ketika kebutuhan kita sampai pada masalah pemuasan tersebut sehingga kita butuh instalasi air yang bertekanan cukup tinggi, mudah dipelihara dan cantik dilihat. Untuk menjawab kebutuhan kita tersebut solusinya adalah tangki tekan dengan volume yang cukup besar, misalnya 1 m3 (meter kubik) atau lebih, seperti terlihat pada gambar berikut:

Water tank

Dari gambar tersebut nampak bahwa secara arsitektural tangki cukup indah dengan pompa yang pasti jarang start stop karena volume tangki cukup besar. Disamping itu kepuasan kita dapat terpenuhi dengan memilih tekanan kerja dan pompa yang memadai. Selain itu kita bisa pula menggabungkan tangki tersebut sebagai tangki penyimpan air hangat yang tersambung dengan kolektor surya misalnya, seperti nampak pada gambar berikut:

Solar Water Pressure TankDengan demikian selain kebutuhan air hangat dapat dipenuhi melalui pemanfaatan energi surya yang jelas lebih alami dan hemat energi, kepuasan tentang tekanan kerja juga dapat dipenuhi.  Yang perlu dicatat adalah untuk keindahan dan kepuasan tentu saja butuh investasi yang lumayan tinggi kan? Asal semua kita sadari, kenapa tidak, toh rumah kita adalah istana kita. Selamat mencoba.

About these ads

Responses

  1. Pak Setyo,
    saya tertarik sekali dg tangki tekan dg vol besar ini. apakah bisa diaplikasikan ke pompa air di rumah saya yg memakai shimizu otomat dari tandon ke kran2.
    Utk instalasinya bagaimana menyambungkan tangki tekan ini ke switch otomatnya.

    terima kasih

    Mas Fauzi ysh,
    Tangki tekan volume besar juga harus dilengkapi pressure switch mas, yang bisa diset pada tekanan berapa pompa anda akan on dan off. Nyambungnya ya sama dengan pressure switch yang ada di pompa shimizu anda. Kabel yang ke shimizu diputus dipindahkan ke pressure switchnya tangki tekan. Ok, selamat mencoba semoga sukses. Salam, psd.

    • Kami jual tanki Tekan ( Water Pressure Tank ) yang biasa dan juga dgn sytem membrane Volume 100 Ltr sampai dengan 1000 Liters.

      • Hubungi kami Supardjono (021) 68-700-800

      • Saya tertarik untuk membeli water pressure tank buat rumah saya, apakah harus di rancang ulang atau ada yang sudah jadi tinggal pasang?
        Kalau ada yang sudah jadi, ada berapa macam kapasitasnya?

        Mas Abi, rasanya ada yang sudah jadi mas. Mengenai kapasitasnya rasanya juga bermacam-macam, untuk rumah sekitar 1 m kubik sampai 3 m kubik cukuplah tergantung jumlah penghuninya supaya tidak sering ngisi pompanya. Selamat belanja dan membangun, salam, psd.

  2. Salam kenal Pak Setyo,
    Boss saya tertarik membangun pompa tekan dengan tabung 1m3 seperti di gambar.
    bisa di jelaskan dengan gambar skema, kemudian
    tabung spt gambar bisa di beli dimana dan tidak
    kalah penting skema/gambar serta pressur switch nya
    apakah switch dgn merek Radar sudah cukup ?

    fax saya : 031 – 3292306

    terima kasih
    salam
    davey

    Mas Dave ysh, trima kasih telah mampir dan maaf baru sekarang balasnya. Prinsipnya bisa pak tapi tergantung tekanan kerja yang ingin boss bapak perlukan, karena ini menyangkut ketebalan tangki yang notabene menunjukkan kekuatan tangki. Saya kira switchnya harus bagus dan tergantung tekanan kerjanya, saya kurang tahu yang merek Radar tersebut. Asal sesuai dengan tekanan kerjanya sih ok saja, misalnya mati pada tekanan 2 bar, hidup lagi pompanya pada tekanan 1 bar. Tentu saja instalasinya harus betul. Saya belum sempat buat gambarnya, naaf lagi sibuk. Bagaimana kalau ditanyakan ke penjualnya langsung, di blok ini ada yang menawarkan jualan tangki seperti yang mas maksud, ok. Namanya pak Hubungi Supardjono (021) 68-700-800, Selamat mencoba. Salam, psd

  3. Harga Jual Water Pressure Tank ( Tanki Tekan ) Volume : 1000 Ltr Tekanan kerja 10 Bars Rp. 12.Jt ,- Lengkap Dengan : Safety Valve, Pressure Gauge, Pressure Switch.

    Dan ada yang lebih bagus lagi pakai Membrane Tank
    Ex. Import yang dalamnya ada Karetnya jadi antara air dan udara terpisah.

    Untuk keterangan tehnis dari Membrane Tank tersebut tolong tinggalkan e-mail. Thank

    • halloo pak suparjono
      saya ingin tahu apakah tekanan tanki bisa continue
      dgn tekanan tertentu sesuai yg diinginkan
      dengan pompa yang hidup continue pula
      dan jika iya saya akan pesan kapasitas 100 lt
      hubungi saya 08111831693

      thx

  4. Untuk pressure Switch standar Water Pressure tank (Tanki tekan ) gunakan merk . Saginomia sudah cukup perkiraan harga Rp. 250.000,- sekedar untuk imformasi.

  5. Dear Bpk Supadjono,
    Kami pakai air sumur (air tanah) untuk keperluan rumah tangga. Air tersebut di sedot pakai pompa air dan dimasukkan ke tangki air ukuran 1000 liter yang sudah dinaikkan setinggi 6 meter. Tapi aliran airnya dari Tangki air ke rumah gak kencang, e.g. tekanan air pada showenya lemah sekali. Ide menaikkan air ke tangki higga 6 meter karena ditempat kami sering mati listrik. Apakah pompa tekan sebagai booster ada yg tdk pakai listrik. Merek yg bagus apa ya, dan kira2 harganya berapa ya Pak. Dan teknik pemasangan kira2 bagaimana ya Pak.

    Terimakasih sebelumnya Pak
    Salam

    Mas Fuad ysh,
    Maaf nama saya bukan Supardjono mas, nama saya prihadi setyo he-he-he. Mengenai tinggi tangki 1000 l yang 6 meter ddari lantai dan tinggi shower sekitar 2 meter berarti selisihnya hanya 4 meter. Kurang mas memang untuk sower. Supaya puas saya sarankan dari tangki dipompa lagi pakai pompa 100 Watt aja. Rasanya belum ada pompa tanpa listrik untuk rumah tangga. Atau tangkinya diganti tangki tekan yang 1 bar paling tidak, tapi akan mahal bila volumenya besar. Solusi pakai pompa booster ngambil airnya dari tangki saya kira lebih baik, murah kok pompa 100 W, mungkin sekitar 200ribu rupiah. Mengenai merek saya pakai national awet juga, sanyo juga awet. Coba saja dulu, saya doakan semoga listriknya tidak sering mati, kan PLNnya makin bisa dihandalkan, salam, psd.

  6. to pak setyo
    aq mau pasang tandon air tapi di permukaan tanah kira2 vol 250 ltr, kira pakaipompa apa ya yang pas ! pompa bosster yang 75 watt ada gak ya !

    Mas Sekar ysh, sumbsr airnya dari mana? Kalau dari PDAM ok saja tandon di permukaan tanah. Tapi kalau dari sumur sumbernya apa gak sekalian tandonnya di atas rumah supaya distribusinya gravitasi saja, jadi gak pake pompa booster. Mengenai pompa booster 75 Watt saya kurang tahu tapi kalau 100 Watt pasti ada dengan berbagai merk. Tapi ingat ya kalau tercantum 100 Watt itu artinya makan listriknya kira-kira 200 Watt. Gimana? Ok, selamat mencoba. Salam, psd.

  7. pak saya butuh water pressure tank kapasitas 6000 liter dengan tekanan kerja maksimal 3 bar,berapa harganya? terima kasih
    Pak Sobandi ysh, mohon maaf kami kurang tahu harganya, tapi coba tanyakan ke bengkel mesin yang bisa buat tangki tekan di dekat anda ya. Maaf, tks, salam, psd.

  8. salam kenal pak Setyo,
    di rumah saya pakai tandon 600ltr dengan posisi tandon di ketinggian sekitar 5-6 meter yang sumber airnya dari jetpump, dan untuk distribusi air ke kran saya tambahkan pompa air dangkal yg menggunakan pressure switch di dekat tandon, tetapi masalahnya ketika shower kmr mandi dinyalakan, pompa pressure switch tadi on-off terlalu sering dan air yang keluar ke kran menjadi kecang-kurang kencang, apakah jeda on-off di pompa tersebut bisa diatur supaya tidak terlalu sering on-off, takutnya switch otomatisnya sering rusak
    Dear Mas Doni, salam kenal kembali. Saya kira pompa air dangkal anda mesti ditambahin dengan tangki tekan yang lebih besar seperti bawaannya jetpump (sekitar 25 cm dimeternya) agar bisa menampung lebih banyak udara untuk mengkompensasi perubahan aliran air saat shower digunakan. Rasanya ada di salah satu tulisan saya di sini bahasannya. selamat mencoba, salam, psd.

  9. Siang,pa pri…
    mau tanya nih pak, sumur di rumah saya kedalamannya 15 m, yang terisi air 3 m. kami pake pompa air merk wasser yang ada tangki udaranya tuh. setelah terpasang semuanya, airnya ga naik…waktu dihidupin tekanannya hanya mentok di 1,4 bar jarumnya.(di switchnya tertulis 1,4 – 2,8 bar). air tidak keluar, mesin hidup terus.
    Di spesifikasinya, jika On pressure switchya 1,4 dan jika Off 2,8.
    pertanyaannya :
    1. Apakah air tidak naik krn kedalaman airnya tidak cukup (3 meter loh pak yang terisi dari 15 m tadi)
    2. Apa kita naikknya tekannnyan dengan memutar settingan pada swicthnya bisa,pak?
    Terimakasih atas bantuannya.

    Mas Pascal ysh, kalau jarak pompa anda dengan muka air masih lebih dari 8 meteran pasti gak naik mas karena pompa anda (yang bukan jetpump) daya nariknya maksimum sekitar 8 meter setelah ada rugi-rugi. Jadi 15 m – 3 m = 12 m, kalau mau turunkan posisi pompa sekitar 4-5 meteran ke bawah atau lebih rendah dari opsisi sekarang. Jadi kalau jarak pompa dengan muka air masih lebih besar dari 8 meteran, mengubah setting pressure switch-pun belum ada manfaatnya mas. Prinsipnya jarak pompa dengan muka air makin dekat makin baik dan efisien, apalagi kalau posisi pompa di bawah muka air ha-ha-ha. Atau ganti dengan jetpump yang 250W saya kira udah cukup memadai, gimana? Selamat mencoba, salam, psd.

  10. Pak Setyo,
    Saya punya tanki Profil 5 ton diatas tanah, mendistribusikan air kerumah menggunakan Sanyo Electric Shallow Well Pump 150 Watt dengan tabung dibagian bawah pompa tsb, pressure switch 1,2 – 1,9 kgf/cm. mengalirkan air di lantai 2 dengan ketinggian 4 mtr. Pada saat menggunakan shower alirannya tidak normal dan pompa bekerja On – Off terus menerus, pressure switch sudah di setel namun tidak ada perubahan. Bagaimana caranya agar aliran air dishower menjadi normal. Kalau dipasang Tanki Tekan,, bagaimana cara pemasangannya.
    Terima kasih.

  11. salam kenal pak Setyo,
    mau nanya saya mau pasang water pressure tank,sebaiknya ditaruh dimana jika rumah saya 3 lantai. apa bisa ditaruh dilantai dasar. jika saya mau memasang filter pembersih bagaimana instalasi apa air sebelum atau sesudah masuk water pressure tank. berapa harganya untuk kapasitas 200 L
    terima kasih atas tanggapan daninformasinya

  12. Siang mas pri,
    saya baru beli pompa Shimizu 250 bit 250watt kalo ga salah. Tiba2 masalah muncul, setelah 3 minggu beroperasional, air tidak mau keluar, alhasil selalu mancing.
    Mengikuti instruksi tukang pompa, tabung warna merah di atas mesin tidak digunakan (dicopot) karena biar tdk berat bila mancing, alias lubang pipe nya di tutup pakai sejenis dop drat dalam.
    Pertanyaannya:

    1. Apakah akan akan merusak pompa jika tabung yg warna merah tsb diganti dengan dop??

    2.Isi tabung itu apa sih? karena saat memancing, saat dikocok bunyinya air.

    Thnks B4.

  13. malam pak.
    permisi minta sarannya, kemarin pompa air (otomatis) dirumah tiba2 mati/tidak bekerja, setelah di-cek beberapa kali ternyata seperti ada kotoran/penyunmbat yang menyangkut di pipa (kira-kira antara valve-pompa air) saya sudah menghubungi tukang service, tapi sampai hari ini belum datang, sedangkan bak air kamar mandi sudah mulai menipis.

    saya ingin tanya, apakah bisa merubah settingan otomatis pompa menjadi manual switch on/off??
    dengan maksud agar kotoran/penyumbat pada pipa bisa ikut tersedot. terimakasih sebelumnya.

    Dear Mas Aboe, kalau pertanyaannya apakah settingan on-off bisa di setel maka jawabannya bisa, tapi bukan untuk tujuan agar kotoran tersedot karena tekanan isap pompa terbatas mas. Jadi sebaiknya ya dibersihkan saja kotorannya, bongkar sendiri dong, masak gak berani. Ayo cobalah, selamat coba ya, salam, psd.

  14. Selamat siang Pak Setyo,
    Saya baru memiliki rumah kecil dengan instalasi pipa air sudah terpasang. Sudah ada tandon air 2000ltr untuk menampung air PAM. Yg mau saya tanyakan adalah

    1. Bagaimana memilih pompa air yg sesuai agar frekuensi on off pompa tidak terlalu cepat.

    2.Apa perlu saya menambah pressure tank kapasitas besar (100ltr up)

    3.Apa air di pressure tank masih bisa mengalir saat listrik padam, sbb pemasangan tandon atas sudah tidak memungkinkan dirmh saya

    Terimakasih

  15. pak tolong tanya kalau mau beli prssure tank 2000 liter yang pakai membran kalau di surabaya beli dimana ya dan kalu pesan ditempat Bapak bisa ndak ya kirim ke surabaya terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: